Mengapa Anda Perlu Memperhatikan Risiko dalam Memilih Investasi?

Mengapa Anda Perlu Memperhatikan Risiko dalam Memilih Investasi?

Return atau imbal hasil menjadi motif utama seorang investor dalam melakukan investasi. Karena, keuntungan yang dihasilkan merupakan passive income atau keuntungan yang didapat secara pasif. Passive income tidak mengharuskan Anda untuk melakukan apapun agar dapat meraih keuntungan karena Anda hanya perlu menginvestasikan uang Anda dan menunggu imbal hasil yang telah dijanjikan. Meskipun demikian, investasi tidak hanya memberikan return saja karena Anda juga harus berhadapan dengan risiko yang selalu hadir bersamaan dengan return tersebut. Tapi, mengapa Anda harus memperhatikan risiko saat memilih investasi? Inilah 3 alasannya.

Risiko dapat berujung kerugian

Saat Anda melakukan investasi memperhatikan risiko jadi suatu hal yang sangat penting karena risiko pada investasi bisa mengakibatkan kerugian pada investasi yang dijalani. Kerugian jelas menjadi suatu hal yang dihindari oleh para investor karena investasi dilakukan untuk menghasilkan keuntungan bukan kerugian. Namun, investasi bagus seperti peer to peer lending sekalipun memiliki risiko yang harus diperhatikan. Jadi, bijaklah dalam melakukan investasi dengan memperhatikan risiko yang dimiliki skema investasi tersebut.

Risiko dapat mengurangi potensi keuntungan

Jika kerugian dirasa terlalu parah dampaknya, risiko juga bisa memberikan dampak lain yang membuat para investor tidak senang, yakni mengurangi potensi keuntungan. Saat Anda melakukan dengan investasi yang tidak memberikan kepastian dalam hal imbal hasil, risiko bisa menjadi salah satu penyebab berkurangnya potensi keuntungan yang Anda dapatkan. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh setiap investor dan sebaiknya perhatikan baik-baik risiko pada skema investasi yang Anda jalani.

Risiko hadir bersama return

Sebagai investor, sudah tahukah Anda kalau risiko selalu hadir bersamaan dengan return? Ya, risiko selalu hadir bersamaan atau dengan kata lain semakin tinggi return investasi semakin besar pula risiko yang hadir. Hal ini perlu diperhatikan oleh para investor agar tidak gegabah dalam memilih skema investasi. Pilihlah skema investasi dengan return yang optimal dan rendah risiko seperti Mekar. Bergabunglah bersama Mekar dan cari tahu bagaimana cara Mekar membuat investasi Anda rendah risiko.