Jam Tangan Wanita

Ketahui 7 Hal Ini Sebelum Membeli Jam Tangan Wanita

Hal pertama yang muncul saat Anda membeli jam tangan cukup beragam. Mulai dari pertimbangan harga hingga desain. Apalagi bagi para wanita jam sangat penting dipakai untuk kemana saja. Berikut hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli jam wanita.

  1. Jenis Kaca

Tidak dapat dipungkiri kaca jam merupakan salah satu bagian jam penting yang sering terkena benturan. Sehingga hal pertama yang harus dipertimbangkan yaitu kualitas kaca. Ada dua jenis kaca yang sering digunakan para manufaktur jam, yaitu mineral glass dan sapphire crystal replica. Kedua jenis kaca memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Jenis sapphire crystal merupakan jenis yang tidak mudah tergores. Selain itu terkenal lebih tahan lama sehingga permukaan kacanya selalu terlihat baru dibandingkan jenis kaca kedua, mineral glass. Namun pada mineral glass pasti menimbulkan teks goresan.

  1. Bahan Jam

Hingga saat ini bahan yang sering digunakan untuk membuat jam yaitu metal atau logam. Jam yang bagus memiliki bahan dasar berupa campuran logam yang kokoh dan kuat. Jenis logam bukanlah besi hollow atau campuran, tapi besi yang padat.

Besi yang padat lebih berat jika dibandingkan dengan besi yang terbuat dari logam campuran. Jam tangan yang baik setidaknya menggunakan jenis 316 L, jenis stainless steel sangat banyak ditemui di pasaran.

  1. Jenis Movement

Jenis movement mesin yang dipakai pasti merupakan jantung utama dari sebuah jam. Quartz movement atau mesin yang menggunakan baterai sebagai tenaga penggerak utama sendiri, menjadi movement yang paling sering digunakan. Lini produk pabrikan dari Jepang antara lain Citizen atau Miyota, Casio dan Seiko.

  1. Brand

Brand masih menjadi hal penting yang terus menjadi perhatian para pemburu jam. Tentu saja Anda harus memilih brand atau manufaktur yang jelas. Misalnya, beberapa brand atau sub brand yang sudah sangat laku di pasaran, seperti TISSOT yang berasal dari Swiss dan lainnya.

Sampai saat ini banyak jam yang mungkin memiliki desain bagus, atau sering kali terlihat lebih fashionable dengan harga terjangkau, tapi sisi fungsional kurang baik. Penting untuk memastikan semua komponen utama yang dimiliki jam berfungsi dengan baik, seperti chronograph, crown, dan fitur tunggal.

  1. Berat

Beberapa orang mungkin menyukai jam yang memiliki berat ringan. Namun, harus menimbang kembali faktor fungsi dan kualitas. Jam yang berkualitas, biasanya memiliki berat yang cukup terutama di bagian watch case dan braceletnya.

Ini dikarenakan bahan stainless steel dari logam murni yang memiliki berat pas. Sedangkan besi hollow campuran cenderung lebih ringan. Jika Anda suka jam yang ringan, sebaiknya memilih bahan titanium. Selain tahan lama, juga tidak cepat berkarat.

  1. Locking Deployant

Jenis jam ini memakai metal barcelet, Anda harus memastikan locking deployant atau pengait yang berbentuk gigi. Konstruksi desain yang jelas dan tidak ringkih membuat satu hal penting dalam memilih jam. Komponen ini menjadi paling krusial karena sering dibuka tutup setiap saat. Kualitas terbaik yaitu yang memiliki double lock.

  1. Konstruksi Jam

Komponen jam harus serba fit dan pas saat digunakan. Anda bisa cek bagian strap atau lug. Pengait jam harus bagus dan berfungsi dengan baik, selain itu cek bagian lainnya. Hal ini berpengaruh dalam kenyamanan ketika dipakai.

Jam tangan wanita memang sangat banyak model dengan harga terjangkau. Namun, Anda harus mempertimbangkan hal yang sudah disebutkan agar tidak menyesal setelah membeli jam. Oleh karenanya, Anda juga bisa membeli jam dengan banyak pilihan di blibli.com. Selain aman, praktis, juga terpercaya.