Pertolongan Pertama Ini Pada Hipotermia

Jangan Khawatir, Ikuti Langkah Tepat Pertolongan Pertama Ini Pada Hipotermia

Kondisi tubuh seseorang itu dipengaruhi oleh banyak hal, salah satu yang paling terlihat jelas adalah kondisi udara. Mulai dari panas, dingin, hujan ataupun yang lainnya pasti akan memberikan efek berbeda pada tubuh. Seperti ketika dingin, tubuh seseorang bisa mengalami hipotermia yang mengakibatkan kaku dan membeku. Di wilayah Indonesia yang cukup tinggi sering sekali terjadi masalah tersebut, apalagi mereka yang sering melakukan perjalanan ke dataran tinggi atau puncak gunung dengan suhu tinggi. Bagi yang suka muncak, pernah mengalami hal itu?

Kondisi temperatur tubuh yang cukup rendah bahkan jauh dibawah normal sering menjadikan masalah. Penyebab itu bisa akibat cuaca yang terlampau dingin, baju basah, terendam dalam air dengan waktu lama sampai dengan suhu yang benar-benar dingin. Jadi tubuh akan kehilangan panas saat terjadi kontak langsung dengan sesuatu yang dingin. Sebelumnya, turunnya temperatur tubuh dibedakan menjadi 3 jenis seperti:

  • Akut dan imersi.

Ini merupakan kondisi dimana ketika seseorang mengalami kehilangan panas tubuh secara mendadak, signifikan dan lebih cepat.

  • Kelelahan.

Mengalami kelelahan juga bisa menjadi penyebab utama, kondisi yang terlalu lemah, tubuh yang mampu menghasilkan panas, sampai dengan orang tersebut akan jatuh dalam kondisi tubuh temperatur sangat rendah.

  • Kronis.

Lalu ada jenis yang dikatakan temperatur pada tubuh akan menghilang secara perlahan dan terus menghilang.

Siapapun orangnya bisa mengalami kondisi tubuh dengan suhu paling terendah, makanya itu perlu paham seperti apa mengatasinya. Karena jika tidak segera diatas hal itu dapat berakibat buruk, bahkan nyawa bisa melayang akibat pertolongan yang tidak tepat dan cepat. Tetapi selain kondisi udara, ada beberapa pendorong lainnya yang meningkatkan terjadinya hipotermia pada seseorang seperti:

  1. Lansia, bayi, dan anak tanpa pemanas, pakaian ataupun makanan yang tidak memadai.
  2. Orang dengan gangguan mental yang lebih beresiko tinggi.
  3. Orang yang sedang berada diluar ruangan dalam jangka waktu lama.
  4. Orang yang sedang berada di kondisi cuaca dingin mengkonsumsi alkohol atau narkoba.
  5. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Beberapa hal yang menjadi pemicu diatas bisa Anda perhatikan, jadi ketika akan melakukan pertolongan bisa lebih tepat. Sebelum semuanya terlambat, akan lebih baiknya Anda mengetahui cara atau langkah pertolongan pertama. Nah, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba seperti berikut:

  1. Ganti pakaian penderita yang basah dengan yang kering.
  2. Gunakan beberapa lapisan selimut atau jaket untuk memberikan kehangatan pada tubuh, lebih khusus lagi pada bagian perut dan kepala.
  3. Bila penderita tidak bisa bergerak maka segera lakukan pemindahan pada tempat atau ruangan yang lebih hangat atau mendekati sumber dari panas.
  4. Bila penderita masih sadar, maka berikan minuman hangat tetapi hindari memberikan minuman berkafein atau alkohol.
  5. Lakukan skin to skin atau peluk tubuh penderita secara perlahan, kontak langsung kulit dengan kulit akan memberikan kehangatan.
  6. Kompres pada bagian leher, dada sampai dengan bagian paha dengan botol yang berisikan air hangat.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama lebih cepat kepada penderita. Tetapi terkadang meskipun sudah dilakukan beberapa langkah pengatasan hipotermia seperti diatas, masih ada saja yang tidak mempan. Jika Anda mengalami masalah tersebut lebih baik segera melakukan konsultasi atau pemeriksaan kepada ahli atau dokter. Sangat disarankan penderita untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan intensif lagi. Sekian, semoga beberapa ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda.