Maraknya Penipuan Mandiri E-Cash, Nasabah Harus Siap Siaga!

Maraknya Penipuan Mandiri E-Cash, Nasabah Harus Siap Siaga!

Perkembangan teknologi memang membawa kemudahan di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya di pada bidang transaksi keuangan. Kini, dalam melakukan transaksi keuangan masyarakat juga mulai menggunakan sistem e-cash. Aplikasi sistem pembayaran e-cash pun cukup mudah karena hampir semua bank mendukung proses ini termasuk Mandiri. Namun, seiring dengan semakin mudahnya diaplikasikan, maka penipuan mandiri e-cash juga mulai marak. Sebelum Anda mengetahui tips menghindari penipuan berkedok mandiri e-cash, ada baiknya mengetahui pengertian sistem ini dahulu.

Mengenal lebih dekat sistem mandiri e-cash

Mandiri e-cash merupakan uang elektronik berbasis server dengan memanfaatkan teknologi di handphone dan USSD. Secara sederhana, sistem ini disebut juga sebagai uang tunai di handphone, dimana pemiliknya dapat melakukan transaksi tanpa harus membuka rekening ke cabang bank Mandiri.

Tiga kemudahan yang ditawarkan mandiri e-cash

  1. Gampang dapat

Kemudahan mandiri e-cash membuat semua pemilik handphone dapat menjadi pemegang rekening.

  • Bagi Anda yang memiliki smartphone dapat mendownload aplikasi mandiri e-cash di google playstore.
  • Bagi Anda yang mempunyai feature phone/basic phone dapat mengaksesnya di *141*6#.
  1. Gampang isi

Kemudahan berikutnya yang ditawarkan mandiri e-cash adalah kemudahan dalam isi ulang saldo. Anda dapat melakukan isi ulang di berbagai mitra bank Mandiri, diantaranya:

  • Mandiri atm
  • Mandiri sms (*141*6#)
  • Mandiri internet
  • Mandiri clickpay
  • Transfer bank lain
  • Toko ritel
  1. Gampang pakai

Kemudahan sistem mandiri e-cash ini membuat nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran dengan praktis. Sistem e-cash ini dapat digunakan untuk pembayaran berbagai kebutuhan nasabah seperti:

  • Beli pulsa telepon atau token listrik
  • Bayar toko
  • Belanja online
  • Transfer
  • Penarikan tunai

Namun, sayangnya berbagai kemudahan yang ditawarkan tersebut justru mengundang pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kriminal. Nah, salah satu modus kejahatan yang berkembang adalah penipuan mandiri e-cash. Nasabah tentu merasa sangat khawatir dengan maraknya kasus penipuan yang terjadi akhir-akhir ini. Oleh karena itu, para nasabah sebaiknya tetap bersiaga untuk mengantisipasi kemungkinan menjadi korban penipuan.

Tips mengantisipasi penipuan bermodus mandiri e-cash

  1. Tidak gagap teknologi

Para pelaku penipuan umumnya mengincar korban yang kurang memiliki pemahaman terhadap teknologi informasi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai fitur dan layanan terbaru e-cash yang ditawarkan bank Mandiri.

  1. Hati-hati ketika bertransaksi di ATM

Apabila Anda melakukan transaksi di mesin ATM sebaiknya selalu jaga kerahasian informasi pin. Jangan memberitahukan kerahasian pin Anda apalagi kepada orang yang tidak dikenal. Jika Anda mengalami masalah segeralah menghubungi call center bank yang bersangkutan.

  1. Abaikan sambungan telepon dengan orang tak dikenal

Salah satu modus penipuan mandiri e-cash yang sering digunakan adalah kemenangan undian. Anda akan dihubungi oleh seseorang yang tidak dikenal dan mengaku sebagai pegawai bank. Kemudian, Anda diminta untuk mentransfer sejumlah nominal uang sebagai biaya administrasi. Jika Anda dihubungi oleh seseorang dengan maksud seperti ini, maka abaikan saja.

  1. Berpikir rasional, jangan mudah tergoda

Kebanyakan nasabah yang menjadi korban penipuan perbankan dikarenakan mereka mudah tergoda. Pelaku biasanya akan memberikan iming-iming berupa nominal uang yang cukup besar. Nah, jika ini terjadi kepada Anda sebaiknya segeralah berpikir rasional dengan menghubungi bank yang bersangkutan untuk klarifikasi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi perbankan, maka tindak kejahatan juga semakin meningkat. Hal ini dikarenakan para pelaku dapat bergerak leluasa secara sembunyi-sembunyi karena pelaksanaan operasinya lebih banyak dilakukan via telepon. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk menjadi nasabah yang cerdas dan kritis dengan menerapkan beberapa tips di atas. Dengan demikian, Anda dapat menghindari resiko menjadi korban penipuan mandiri e-cash.