Cara Mudah Melaporkan SPT Pajak Tahunan

Cara Mudah Melaporkan SPT Pajak Tahunan

Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak telah diterbitkan oleh Ditjen Pajak nasional. Ditjen Pajak menyediakan berbagai fasilitas pembayaran dan pelaporan pajak. Anda bisa melakukan pelaporan pajak secara manual ataupun secara elektronik. Untuk pelaporan pajak secara manual, tentunya Anda bisa langsung datang ke kantor pajak terdekat. Jika Anda ingin lebih mudah, Anda bisa memilih pelaporan secara elektronik.

Namun, banyak orang yang kesulitan dalam melaporkan SPT pajak tahunan mereka karena pemerintah menerapkan sistem elektronik. Sebenarnya, sistem elektronik atau yang lebih dikenal dengan SPT pajak online ini memudahkan para pelapor wajib bayak.

Pasalnya, para pelapor wajib pajak tidak harus datang ke kantor Ditjen Pajak untuk mengantre. Cukup dengan melakukan laopran SPT pajak online dari rumah masing-masing. Jika Anda masih bingung dengan sistem SPT pajak online, maka simaklah penjelasan di bawah ini.

Menggunakan e-filing

Untuk melakukan pelaporan SPT pajak secara online, Anda bisa menggunakan e-filing. Anda akan bisa menggunakan e-filing setelah mendapatkan e-fin dari kantor pajak. E-fin merupakan kode rahasia yang Anda miliki. Anda hanya dapat menggunakan e-fin ini untuk diri Anda sendiri. Datanglah ke kantor ditjen pajak terdekat dengan membawa NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) serta KTP (Kartu Tanda Penduduk). Setelah itu, Anda akan mendapatkan email konfirmasi yang berisikan password untuk e-fin.

Login Ke Situs STP Online

Setelah mendapatkan password, Anda bisa langsung login ke situs STP pajak online. Silahkan masuk ke alamat djponline.pajak.go.id. Kemudian akan tampil halaman login.anda diwajibkan untuk mengisi nomor NPWP serta memasukan password yang telah Anda terima.

Pengisian Data

Setelah berhasil login, Anda bisa memulai pelaporan dengan mengisi data. Pertama, pilihlah bagian e-filing. Anda bisa melihat petunjuk yang ada di layar monitor sebelah kiri. Kemudia Anda bisa mengklik kolom “buat SPT” yang berada di sebelah kanan. Akan ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab. Hal ini dibutuhkan karena untuk pengisian formulir SPT pajak online yang Anda lakukan.

Pelaporan

Setelah mengisi data, Anda bisa mulai melakukan pelaporan wajib pajak. Isilah tahun pajak SPT yang ingin Anda laporkan. Kemudian Anda bisa mengisi laporan pajak. Yang harus Anda isi yaitu NPWP pemotong, nama pemotong, tanggal, dan juga jumlah total PPh yang dipotong. Setelah itu klik simpan untuk ke tahapan selanjutnya. Anda harus menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan SPT pajak online yang Anda bayarkan. Setelah Anda mengisi semua kolom pertanyaan yang diminta, Anda bisa menyimpan pelaporan SPT pajak online kemudian submit SPT Anda. Anda akan mendapatkan email konfirmasi dan bukti pajak.

Begitulah langkah-langkah dalam pelaporan SPT pajak online, cukup mudah bukan? Anda juga tidak harus mengantre lama di kantor pajak. Semuanya menjadi lebih mudah dengan seiring perkembangan teknologi.